اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
hy all. Gw kali ini mau berbagi sedikit pengetahuan mengenai Gaya Coulomb (guru gw bilang gitu). Ini adalah materi bab I subbab c ( di buku gw gitu) kelas 9. Di subbab ini terdapat satu rumus yaitu
ket :
Rumus diatas beserta keterangannya WAJIB DIHAPAL!!!!!
Nah kita akan mengerjakan beberapa soal beserta penjelasannya step by step
saran pengerjaan soal :
Saya sarankan jika mengerjakan soal ini ubahlah bilangan-nya menjadi notasi ilmiah (bentuk baku) yaitu :
bentuk bilangan yg tidak memiliki nilai puluhan, ratusan, dst . maksudnya cuma ada satuan, seperpuluhan,seperratusan dst contoh
untuk lebih lanjut klik di sini dan juga di wikipedia di sini
saran saya saat ngerjakan nih soal pake format gw yaitu
Diketahui: a= bla bla bla
b= bla bla bla
Ditanya :c=...?
jawab;
..................................................
. .
. [tempat menjawab] .
. .
. .
. .
..................................................
jadi, bla bla bla bla bla bla bla bla adalah bla bla bla
gGtu yah format menjawabnya. oke let's start working on questions
1.Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 muatan +2 C dan +4 C terpisah pada jarak 20 cm?
Analisa:
Ada yang tahu yang ditanya apa? benar yang ditanya adalah .... . oke kita analisa dulu soal di atas
"Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."Oke kata yang saya Bold itu apa hayoo?? benar yang saya Bold adalah kata tanya horeee semua benar!!!!!
kata tanya merujuk kepada apa yang ditanya. Jadi kita sudah tahu kata tanya-nya sekarang apa yang ditanya-nya. biasanya kata tanya gak jauh-jauh dari apa yang ditanya. Oke tanpa basa-basi lagi kita lanjut.
"Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."Aha kita ketemu apa yang perlu dicari nilainya. pemirsa sudah tahu belum? hah belum tahu pake donk otak lo. adek2 tahu gak yang ditanya apa? Benar 100 buat adek2 horeeeeeee. ternyata yang ada di depan kata tanya adalah Gaya Coulomb. Masih ingat apa simbol Gaya Coulomb? hah gak ingat , capek deh. adek2 ingat gak? luar biasa masih ingat seratus lagi buat adek2. Gaya Coulomb simbolnya adalah F. berarti yang ditanya adalah
"Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."Benar !!! yang ditanya adalah Gaya Coulomb-nya alias F! Lelah juga cuma nyari apa yang ditanya hah minum dulu ah glup glup glup seger hahahaha gak bisa minum yah lo cian. oke back to the topic (sok bisa bahasa inggris) kita sudah mengetahui apa yang ditanya. lanjut yuk analisis soalnya
"...antara 2 muatan +2 C dan +4 C terpisah...."Ada berapa muatan? 1 salah. 30 makin parah lo. apa ooo 8 benar (tuk) woi sakit kepalaku tangan dijaga donk (sok hebat) ooo bukan 8 tapi 2 horassss (apa tuh) tau apa %$&#. Kita tau ada 2 muatan oke kita buat ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I
"...antara 2 muatan +2 C dan +4 C terpisah...."Berapa besar muatan listrik "muatan I"? benar +2 C tumben bisa jawab makan apa tadi lo? muatan listrik "muatan II" berapa? hah +4 C kok benar lagi lo kamu pakai dukun ya (gitu aja suuzon). Oke ga penting itu yang penting selesaiin nih soal. Kita buat lagi ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I
Ada yang tau lambang dari muatan listrik? Ayo diingat-ingat lah apa? Kalo gak ingat liat aja di atas. Sudah tahu ? benar lambangnya adalah Q. "Muatan I" lambangnya apa? Yup
" ...terpisah pada jarak 20 cm. "Ada yang tau apa itu jarak? hahaha gak usah dijelasin pasti sudah tau pang. Oke jarak itu simbolnya apa? Lupa liat dong di atas pemalas banget sih. Sudah tau blum. hah belum , masya allah sini gw kasih tau. Jarak itu simboooolnya adalah r. Oke kita buat lagi ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I
Ada yang tau gak berapa nilai dari jarak itu? Yup adek2 berapa? (samar2) "20!!!". benar 1000 buat adek2 pajak ditanggung pemenang. 20 apa hayooo. Yaaa centi meter. Tapi di atas syaratnya jarak memiliki satuan meter bukan centi meter. "kan ada meternya juga gak salah donk" otak mu gak salah. Itu salah walau cuma sebesar zarrah (sok tau lu). Berarti kita harus mengkonversi cm -> m. masih ingat caranya? lupa sini saya ingatkan.
Woi ada gambar siapa ganggu aja ( itu gambar lo li) sorry kreatifitasku langsung aktif sehingga banyak pengacau di atas sory2. Ini versi bersihnya.
Ok dari cm -> m kita hitung bersama adek2
Woi 2 langkah aja gak usah 3. "Saya mau tiga pak ustad" (adek2). "dua" (pak ustad). "tiga" (adek2). duuuuaaaaaaa (pak ustad). Oke ternyata hanya perlu turun 2 langkah sekarang kita hitung. "Woi pak ustad bukannya dari cm -> m itu naik kok pa ustad malah dari m-> cm itukan turun . O iya yah lupa. "huuuuu bodoh lo tad" (adek2). Oke oke gw ulang gambarnya
Akhirnya berhasil juga (keringat gak ada yang netes). Jadi cm -> m naik 2 tangga berarti rumusnya adalah
Waduh salah masuh rumus nih sorry nih rumus yang asli
ket: a = bilangan yang ingin di konversi (dalam masalahini yang ingin di konversi adalah jarak)
n= banyaknya jumlah naik/turun tangga (kalo turun maka n =positif tapi kali naik tangga jadi n = negatif)
Gampang ajakan rumusnya oke kita masukkan angkanya
Jadi ilustrasinya akan seperti ini
Akhirnya selesai juga ilustrsinya jadi ilustrasi lengkapnya adalah
Analisa akhirnya di tu tup dek dek. horeeeeee
Saatnya kita menggunakan format tulisanku
Diketahui :
Ditanya :
Jawab :
Masukan nilai Q1 dan Q2 dengan tanda titik (sebagai kali) untuk pembatas.
Terakhir masukkan nila dari r dengan tanda kurung lalu kuadrat di luar tanda kurung
Selesai juga akhirnya memasukkan nilai2nya ke dalam simbol simbol-nya sekarang kita mulai "Kalkulasi" alias menghitung nilai "Akhir"-nya.
Dimulai dari 2C . 4C
Jadi nilainya sekarang adalah
Sekarang kita selesaikan nilai dari r^2. Sebelum ngerjain itu lebih baik kalian mengerti tentang hal ini dahulu
Jadi untuk mengerjakan nilai dari r^2 adalah
Di atas sudah saya sarankan untuk menggunakan bentuk baku maka bilangan 400 kita bakukan dahulu
Pelajaran selanjutnya kita harus bisa mengalikan/membagi 2 buah bilangan yang sama tapi berbeda pangkat
contoh:
Rumus di atas WAJIB DIHAPAL! oke kita lanjutke masalah "r^2"
Akhirnya selesai juga hasil dari "r^2" huh melelahkan. Sekarang kita memiliki hasil seperti ini
Kita selesaikan dulu bentuk pecahannya sampai yang paling sederhana
Sebelum kita lanjut ada beberapa rumus yang harus dihapal lagi, berikut rumusnya :
Dan kalian juga harus ingat sifat " KOMUTATIF","ASOSIATIF dan " DISTRIBUTIF. lupa, ni gw ingeten
-----------------------------------------------------Komutatif------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------Asosiatif-------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------Distributif------------------------------------------------------------
Sudah ingat, bagus lanjut ngerjakan soal
Kita pilah pilah yang gampang yuk. Pertama 8 dibagi 4 biar gampang
Selanjutnya harus diingat bahwa "a x 1 = a" dan " 1 = a ^0" dengan "a" tidak sama dengan "0". Ato dalam bentuk equation adalah
Jadi kita pilah lagi bentuknya
Kita ingat bahwa " 1 = a^0" dengan a tidak samadengan "0". Berarti 1 di atas 10 itu bisa kita ubah biar enak ngitungnya menjadi
Oke saatnya berhitung
hasilnya
next
Menjadi
perlu diketahui juga makna dari pangkat "negatif"
kita lanjut lagi ngitungnya. untuk satuannya ini kita ubah menjadi pangkat "negatif"
Nah kita tahu "1/a^n = a^-n" jadi hasilnya
Selesai juga kalkulasi dalam kurung ini hah leganya
Jadi bentuk soalnya berubah menjadi
Kita buka tanda kurungnya menjadi
Cara pengerjaannya sekarang menggunakan sifat "KOMUTATIF" dan "ASOSIATIF"
Pertama saya pindahkan "2" ke sebelah kanan "9"
Trus gw pindahin "10^2" ke sebelah kanan "10^9"
Dan seleesai saatnya berhitung
Ada yang tau gak ya berapa hasilnya? ha 12, salah. Yang benar 18.
Jadi bentuknya sekarang
Nextxxxxttt
Jadi, Now it's the
Kita lanjut lagi ke "Satuannya"(Unit-nya)
Pertama kita pindahin dulu "m^-2" ke kanan "m^2"
Trus kita kasih tanda kurung di "m" dan "C"
Kita itung deh
Sekarang yang "C" kita hitung
Dan sekarang kita telah mengetahui nilai satuannya adalah
Kita gabung dengan kerjaan kita
Kita ubah ke bentuk baku
Maka .....
jadi selesai deh soalnya. Kita urut yah berantakan yang diatas tuh
Diketahui :
Ditanya :
Jawab :
Jadi, besar Gaya Coulombnya adalah
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sudah selesai jumpa lagi di episode selanjutnya, bye
Catatan Penting :
ket := Gaya Coulomb ------------------------->Newton (N)
=Konstanta =
atau
= Muatan listrik benda I------------------> Coulomb (C)
= Muatan listrik benda II -----------------> Coulomb (C)
=Jarak antara dua muatan ----------------->Meter (m)
rumus diatas beserta keterangannya WAJIB DIHAPAL!!!!!
Rumus di atas WAJIB DIHAPAL!
- Komutatif
atau
atau
yang penting bilangannya tukaran tempet ingat yah
Asosiatif
ini sih masalah yang mana dulu dikerjain suka suka lo (asal dalam lingkup perkalian or penjumlahan)
Distributif
atau bentuknya terbalik
dengan
ato kalau dibalik menjadi
وَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
terimakasih
BalasHapusanda gila tapi cerdas serta kreatif. sangat membantu, terimakasih. hehe
BalasHapusAli sekarang seleksi masuk pelatnas Olimpiade Astronomi Internasional, doakan lolos ke tahap selanjutnya yah kawan :D
BalasHapus