Sabtu, 04 Agustus 2012

Gaya Coulomb

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

hy all. Gw kali ini mau berbagi sedikit pengetahuan mengenai Gaya Coulomb (guru gw bilang gitu). Ini adalah materi bab I subbab c ( di buku gw gitu) kelas 9. Di subbab ini terdapat satu rumus yaitu




ket : = Gaya Coulomb ------------------------->Newton (N)
        =Konstanta = atau
        = Muatan listrik benda I------------------> Coulomb (C)
       = Muatan listrik benda II -----------------> Coulomb (C)
         =Jarak antara dua muatan ----------------->Meter (m)
Rumus diatas beserta keterangannya WAJIB DIHAPAL!!!!!
 
Nah kita akan mengerjakan beberapa soal beserta penjelasannya step by step


saran pengerjaan soal :

Saya sarankan jika mengerjakan soal ini ubahlah bilangan-nya menjadi notasi ilmiah (bentuk baku) yaitu :
bentuk bilangan yg tidak memiliki nilai puluhan, ratusan, dst . maksudnya cuma ada satuan, seperpuluhan,seperratusan dst contoh




untuk lebih lanjut klik di sini dan juga di wikipedia di sini
saran saya saat ngerjakan nih soal pake format gw yaitu
Diketahui: a=  bla bla bla
                b= bla bla bla
Ditanya   :c=...?
jawab;
..................................................
.                                                .
.     [tempat menjawab]              .
.                                                .
.                                                .
.                                                .
..................................................

jadi, bla bla bla bla bla bla bla bla adalah bla bla bla

gGtu yah format menjawabnya. oke let's start working on questions

1.Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 muatan +2 C dan  +4 C terpisah pada jarak 20 cm?

Analisa:

Ada yang tahu yang ditanya apa? benar yang ditanya adalah .... . oke kita analisa dulu soal di atas
"Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."
Oke kata yang saya Bold itu apa hayoo?? benar yang saya Bold  adalah kata tanya horeee semua benar!!!!!
kata tanya merujuk kepada apa yang ditanya. Jadi kita sudah tahu kata tanya-nya sekarang apa yang ditanya-nya. biasanya kata tanya gak jauh-jauh dari apa yang ditanya. Oke tanpa basa-basi lagi kita lanjut.
"Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."
Aha kita ketemu apa yang perlu dicari nilainya. pemirsa sudah tahu belum? hah belum tahu pake donk otak lo. adek2 tahu gak yang ditanya apa? Benar 100 buat adek2 horeeeeeee. ternyata yang ada di depan kata tanya adalah Gaya Coulomb. Masih ingat apa simbol Gaya Coulomb? hah gak ingat , capek deh. adek2 ingat gak? luar biasa masih ingat seratus lagi buat adek2. Gaya Coulomb simbolnya adalah F. berarti  yang ditanya adalah
 "Berapakah Gaya Coulomb yang timbul antara 2 ....."
Benar !!! yang ditanya adalah Gaya Coulomb-nya alias F!  Lelah juga cuma nyari apa yang ditanya hah minum dulu ah glup glup glup seger hahahaha gak bisa minum yah lo cian. oke back to the topic (sok bisa bahasa inggris) kita sudah mengetahui apa yang ditanya. lanjut yuk analisis soalnya
"...antara 2 muatan +2 C dan  +4 C terpisah...."
Ada berapa muatan? 1 salah. 30 makin parah lo. apa ooo 8 benar (tuk) woi sakit kepalaku tangan dijaga donk (sok hebat) ooo bukan 8 tapi 2 horassss (apa tuh) tau apa %$&#. Kita tau ada 2 muatan oke kita buat ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I
jangan di ejek yah

"...antara 2 muatan +2 C dan  +4 C terpisah...."
Berapa besar muatan listrik "muatan I"? benar +2 C tumben bisa jawab makan apa tadi lo? muatan listrik "muatan II" berapa? hah +4 C kok benar lagi lo kamu pakai dukun ya (gitu aja suuzon). Oke ga penting itu yang penting selesaiin nih soal. Kita buat lagi ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I
Ada yang tau lambang dari muatan listrik? Ayo diingat-ingat lah apa?  Kalo gak ingat liat aja di atas. Sudah tahu ? benar lambangnya adalah Q. "Muatan I" lambangnya apa? Yup kalo "Muatan II"? benar lagi, hebat, emang apa? Yup again . Anak2 sekarang sudah pinter. Lanjut ke kata selanjutnyaaaaa.
" ...terpisah pada jarak 20 cm. "
Ada yang tau apa itu jarak? hahaha gak usah dijelasin pasti sudah tau pang. Oke jarak itu simbolnya apa? Lupa liat dong di atas pemalas banget sih. Sudah tau blum. hah belum , masya allah sini gw kasih tau. Jarak itu simboooolnya adalah r. Oke kita buat lagi ilustrasinya di dalam I-M-A-J-I-N-A-S-I 

Ada yang tau gak berapa nilai dari jarak itu? Yup adek2 berapa? (samar2) "20!!!". benar 1000 buat adek2 pajak ditanggung pemenang. 20 apa hayooo. Yaaa centi meter. Tapi di atas syaratnya jarak memiliki satuan meter bukan centi meter. "kan ada meternya juga gak salah donk" otak mu gak salah. Itu salah walau cuma sebesar zarrah (sok tau lu). Berarti kita harus mengkonversi cm -> m. masih ingat caranya? lupa sini saya ingatkan.

Woi ada gambar siapa ganggu aja ( itu gambar lo li) sorry kreatifitasku langsung aktif sehingga banyak pengacau di atas sory2. Ini versi bersihnya.

Ok dari cm -> m kita hitung bersama adek2
Woi 2 langkah aja gak usah 3. "Saya mau tiga pak ustad" (adek2). "dua" (pak ustad). "tiga" (adek2). duuuuaaaaaaa (pak ustad). Oke ternyata hanya perlu turun 2 langkah sekarang kita hitung. "Woi pak ustad bukannya dari cm -> m itu naik kok pa ustad malah dari m-> cm itukan turun . O iya yah lupa. "huuuuu bodoh lo tad" (adek2). Oke oke gw ulang gambarnya
Akhirnya berhasil juga (keringat gak ada yang netes). Jadi cm -> m naik 2 tangga berarti rumusnya adalah


Waduh salah masuh rumus nih sorry nih rumus yang asli



ket: a = bilangan yang ingin di konversi (dalam masalahini yang ingin di konversi adalah jarak)
       n= banyaknya jumlah naik/turun tangga (kalo turun maka n =positif tapi kali naik tangga jadi n = negatif)

Gampang ajakan rumusnya oke  kita masukkan angkanya


Jadi ilustrasinya akan seperti ini
Akhirnya selesai juga ilustrsinya jadi ilustrasi lengkapnya adalah
Analisa akhirnya di tu tup dek dek. horeeeeee

Saatnya kita menggunakan format tulisanku

Diketahui :   
                   
                         
                  
Ditanya :
Jawab :
Masukan nilai k kedalam rumus dan kasih kurung(biar mudah)

       
Masukan nilai Q1 dan Q2 dengan tanda titik (sebagai kali) untuk pembatas.

       
Terakhir masukkan nila dari r dengan tanda kurung lalu kuadrat di luar tanda kurung

       
Selesai juga akhirnya memasukkan nilai2nya ke dalam simbol simbol-nya sekarang kita mulai "Kalkulasi" alias menghitung nilai "Akhir"-nya.

Dimulai dari 2C . 4C


                   

Jadi nilainya sekarang adalah


Sekarang kita selesaikan nilai dari r^2. Sebelum ngerjain itu lebih baik kalian mengerti tentang hal ini dahulu


                    

Jadi untuk mengerjakan nilai dari r^2 adalah


                                       
                                      

Di atas sudah saya sarankan untuk menggunakan bentuk baku maka bilangan 400 kita bakukan dahulu

                                      

Pelajaran selanjutnya kita harus bisa mengalikan/membagi 2 buah bilangan yang sama tapi berbeda pangkat

contoh:











Rumus di atas WAJIB DIHAPAL! oke kita lanjutke masalah "r^2"





Akhirnya selesai juga hasil dari "r^2" huh melelahkan. Sekarang kita memiliki hasil seperti ini



Kita selesaikan dulu bentuk pecahannya sampai yang paling sederhana



Sebelum kita lanjut ada beberapa rumus yang harus dihapal lagi, berikut rumusnya :









Dan kalian juga harus ingat sifat " KOMUTATIF","ASOSIATIF dan " DISTRIBUTIF. lupa, ni gw ingeten

-----------------------------------------------------Komutatif------------------------------------------------------------------
atau atau yang penting bilangannya tukaran tempet ingat yah
-----------------------------------------------------------Asosiatif-------------------------------------------------------------
ini sih masalah yang mana dulu dikerjain suka suka lo (asal dalam lingkup perkalian or penjumlahan)
-----------------------------------------------------------Distributif------------------------------------------------------------
atau bentuk terbaliknya

Sudah ingat, bagus lanjut ngerjakan soal

 

Kita pilah pilah yang gampang yuk. Pertama 8 dibagi 4 biar gampang



Selanjutnya harus diingat bahwa "a x 1 = a" dan " 1 = a ^0" dengan "a" tidak sama dengan "0". Ato dalam bentuk equation adalah


    dengan

Jadi kita pilah lagi bentuknya



Kita ingat bahwa " 1 = a^0" dengan a tidak samadengan "0". Berarti 1 di atas 10 itu bisa kita ubah biar enak ngitungnya menjadi



Oke saatnya berhitung




hasilnya




next



Menjadi




perlu diketahui juga makna dari pangkat "negatif"

ato kalau dibalik menjadi   

kita lanjut lagi ngitungnya. untuk satuannya ini kita ubah menjadi pangkat "negatif"



Nah kita tahu "1/a^n = a^-n" jadi hasilnya




Selesai juga kalkulasi dalam kurung ini hah leganya



Jadi bentuk soalnya berubah menjadi



Kita buka tanda kurungnya menjadi



Cara pengerjaannya sekarang menggunakan sifat "KOMUTATIF" dan "ASOSIATIF"

Pertama saya pindahkan "2" ke sebelah kanan "9"




Trus gw pindahin "10^2" ke sebelah kanan "10^9"




Dan seleesai saatnya berhitung



Ada yang tau gak ya berapa hasilnya? ha 12, salah. Yang benar 18.



Jadi bentuknya sekarang



Nextxxxxttt



Jadi, Now it's the



Kita lanjut lagi ke "Satuannya"(Unit-nya)



Pertama kita pindahin dulu "m^-2" ke kanan "m^2"




Trus kita kasih tanda kurung di "m" dan "C"



Kita itung deh


                                                                    
                                                                    

Sekarang yang "C" kita hitung



                                          
                                          

Dan sekarang kita telah mengetahui nilai satuannya adalah



Kita gabung dengan kerjaan kita



Kita ubah ke bentuk baku



Maka .....


                           



jadi selesai deh soalnya. Kita urut yah berantakan yang diatas tuh

Diketahui :   
                   
                         
                  
Ditanya :
Jawab :


     
     
     
     
     
     
     

Jadi, besar Gaya Coulombnya adalah   
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sudah selesai jumpa lagi di episode selanjutnya, bye

Catatan Penting :


  1. ket : = Gaya Coulomb ------------------------->Newton (N)
            =Konstanta = atau
            = Muatan listrik benda I------------------> Coulomb (C)
           = Muatan listrik benda II -----------------> Coulomb (C)
             =Jarak antara dua muatan ----------------->Meter (m)
    rumus diatas beserta keterangannya WAJIB DIHAPAL!!!!!







  2. Rumus di atas WAJIB DIHAPAL!






  3. Komutatif
    atau atau yang penting bilangannya tukaran tempet ingat yah
    Asosiatif
    ini sih masalah yang mana dulu dikerjain suka suka lo (asal dalam lingkup perkalian or penjumlahan)
    Distributif
    atau bentuknya terbalik

  4.     dengan

  5. ato kalau dibalik menjadi   
  6.  

وَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

3 komentar:

  1. anda gila tapi cerdas serta kreatif. sangat membantu, terimakasih. hehe

    BalasHapus
  2. Ali sekarang seleksi masuk pelatnas Olimpiade Astronomi Internasional, doakan lolos ke tahap selanjutnya yah kawan :D

    BalasHapus